Pages

Saturday, January 5, 2013

Road To Sempu Island

Pernah mendengar nama "Sempu" ? yang katanya "The Beach" nya Indonesia, bagi yang belum pernah kesana, dijamin pasti rugi hehe. Perjalananku ke sempu telah mengalami berbagai tragedi kawan kawan, banyak banget suka dukanya.

Di umurku yang ke 27 ini, baru pertama kalinya aku berperan sebagai 'EO" ribet banget yak, mulai dari ngumpulin peserta, ngatur acara.. haduh bikin pusing. Sebenarnya g ada sama sekali rencana buat pergi ke sempu, berawal dari pertemuan reuni kami para mantan karyawan salah satu konsultan acc & tax di surabaya. Lalu kita punya ide untuk bepergian ke luar kota, biar g boring n mumpung masih muda, masih bisa berpetualang hehe.

Rencana awal sih cuman rekreasi yg ringan ringan aja, misal ke Jatim Park atau kemana lah pokoknya lokasinya di Malang, lalu ada salah satu temen bilang "Waduh kita bukan anak kecil lagi, boring banget ah klo cuman gitu gitu aja, gimana klo kita ke Sempu?' so akhirnya keputusan terakhir adalan "PULAU SEMPU"


Jika dilihat dari peta, Pulau Sempu terletak di sebelah selatan kota Malang. Setelah Browsing sana sini, berapa lama ya perjalanan ke sana? hmm g usah dihitung kawan, kalau km ngitung2, pasti males berangkat kesana haha karna emang jauh banget. 

Tanggal 4 Nopember 2012 berangkat dari Surabaya ke Sempu. Pukul 16.00 start dari Maspion Square, nyampe Penginapan Cakra tepatnya di daerah Turen (sempet nyasar muter muter hehe) pukul 23.00, kasian yg nyupir.

Kita berangkat pagi pagi sekali dari Turen menuju Sendang Biru pukul 06.30 biar g kesiangan karena kita rencana Sore dah balik lagi ke Surabaya. Jalan menuju Sendang Biru sangat berkelak kelok kawan, jadi harus konsentrasi bener, kalau enggak bisa berabe nih. Alhamdullilah kita akhirnya Nyampe Sendang biru dengan selamat.


Sungguh sangat luar biasa pemandangan di Pantai Sendang Biru, angin semilir serasa memberikan kehidupan baru kepada kita (uhuk uhuk mencoba puitis hehe). Yup sesuai dengan namanya, Laut di Sendang Biru berwarna BIRU sangat eksotis dan tiada duanya sungguh indah dan mengagumkan ciptaanmu Ya Tuhanku, I LOVE YOU.

Udah lama banget g lihat pantai, terakhir ke Bali tahun 2009. Maklum di Surabaya kagak ada pantai yang bersih hiks hiks sedih rasanya (lebay mode on), kapan ya impianku terkabulkan? hmm ya sud kembali ke topik Pulau Sempu.

Dari pantai Sendang Biru kita naik kapal nyebrang ke Sempu kira kira 10 menit perjalanan, WOW bener bener indah pemandangannya.



pose dulu ah.. biar eksis hehe

Sesampai dipinggir pulau Sempu kita turun dan g lupa minta nomor telpon nahkodanya untuk jemput kita nanti siang. Kemudian kita memulai perjalanan kita ke Segara Anakan, untung ada teman yg pernah kesana jadi dia hapal jalan menuju kesana. kata temenku "untung tadi malam g hujan, kalau hujan kita g bakalan bisa lewat nih, bisa gagal rencana kita ke sempu" ternyata kalau hujan, jalanan berlumpur.
Tracking ke Sempu termasuk berat kawan, jalan agak naik turun, licin, berbatu, pohon tumbang, akar dan sulut yang menjalar kemana mana (justru akar itulah yang memudahkan kita untuk berpegangan kalau jalan licin).

Medan yang susah
Pose lagi ah.. cihui

Ditengah perjalanan kita berkali kali bertemu para petualang yg abiz camping salah satu dari mereka berkata " Semangat, di depan ada Supermarket " hahaha bisa ajah tuh orang, emang bener perjalanan kesana sangat melelahkan. baru kali ini aku berjalan sangat jauh, capek rasanya tapi harus tetap semangat demi SEMPU.
tiga puluh menit kemudian kita bertemu dengan rombongan lainnya, kasian mereka kehabisan minum so kita kasih mereka minum. trus kita tanya sama mereka "Masih Jauh mas?" jawabnya "Masih, tenang aja kurang separuh lagi kok" ooooooo TIDAAAAKKKKKKK ternyata masih kurang jauh, padahal kaki udah pegel, lecet karna Sandal yg baru kubeli membuat telapan kakiku berdarah hiks hiks, klo tau gini ngapain aq beli sandal baru, kembaran pula sama pacarku, kaki pacarku juga berdarah, Sandal Sialan!!!!! 

Hampir nyampai Segara Anakan nih, tp OMG kita harus melewati jalan yang sempit. Kalau g hati hati, kita bisa jatuh ke jurang. Karna aq ini termasuk Phobia Ketinggian, jadi aq terus berpegangan sama ranting ranting pohon, takut banget sampe kakiku gemeteran. Pacarku mengikutiku dari belakang, karna dia tau betul klo aku takut ketinggian.

Akhirnya sampe juga di Segara Anakan, segala kepenatan, keletihan, Musnah semua. Benar benar Sempu adalah Obat segala macam pesakitan hehehe.





Prewed prewed-an hahaha


Sayangnya kita tidak bisa berlama lama menikmati indahnya pulau Sempu, kami hanya punya waktu 1 jam untuk menikmatinya. Karena jam 1 siang kita sudah harus pulang menuju Surabaya tercinta.

Perjalanan pulang ... bener2 sangat capek :(
Kasian supirnya hahaha


Yang mau ke Pulau Sempu, berikut aku kasih tau rincian biayanya :
  1. Sewa Mobil Avanza & Xenia            :   2 x 350.000     = 700.000
  2. Bensin Mobil                                    :   2 x 150.000     = 300.000
  3. Penginapan Hotel Cakra                   :   5 x 100.000     = 500.000
  4. Biaya Masuk Sendang Biru               : 12 x     6.000     =   72.000
  5. Biaya Masuk Sendang Biru u/ mobil) :  2  x     6.000     =   12.000
  6. Sewa Kapal (1 kapal muat 12 org)    :                              100.000
  7. Surat Ijin Masuk Pulau Sempu           :                                25.000
Total Biaya Perjalanan Rp 1.709.000,- jadi per orang Rp 142.416 dibulatin Rp 150.000,- cukup murah bukan :)

See you next trip (belum tau sih mau kemana hehehe) ^ ^


No comments:

Post a Comment