Pages

Tuesday, January 15, 2013

BEMO ... Ternyata masih ada loh

Habis bersih bersih data di laptop, nge"delete" in foto2 yang g berguna eh nemu foto ini




Aku ingat foto ini diambil tahun 2011 pas ditugasin ke Jakarta, waktu perjalanan pulang dari Mangga dua ke apartemen. Ada benda unik di jalan bentuknya lain daripada yang lain, ternyata itu Bemo. Jadi keingat sinetron "Si Doel Anak Sekolahan" yang dibintangi Artis Rano Karno.
Aku dan temanku terpana melihatnya, karena emang ini pertama kalinya kita melihat "Bemo" dengan mata kita sendiri (maklum baru pertama ke Jakarta haha). Coba kalau di Surabaya ada bemo, pasti kita gak akan terpana melihatnya. So kita cepet2an keluarin ponsel kita buat motret tuh bemo, waduh tapi susah amat motretnya. Alhasil cuman foto ini yang kita punya T_T

Apa sekarang masih ada bemo ya di Jakarta? coba browsing sana sini, ternyata sekarang tahun 2013 bemo masih ada disana. Yuk simak cerita2 yang aku dapat dari browsing sana sini.

Bemo singkatan dari becak-motor adalah kendaraan niaga keluaran Daihatsu. Di negeri asalnya Daihatsu jenis trimobile atau midget ini berbentuk pick-up dan hanya diperuntukkan sebagai kendaraan pengangkut barang. Daihatsu Midget jenis DK pertama kali diproduksi tahun 1957. Kemudinya masih berbentuk stang motor/skuter dengan posisi duduk pengemudi mirip sepeda motor. Nampaknya bila dilihat dari bentuknya, jenis inilah yang kemudian ditiru oleh perusahaan India yang kini banyak ditemui di Jakarta dengan sebutan Bajaj.

Tahun 1960 Daihatsu Midget mengeluarkan mesin jenis MP4, nampaknya jenis inilah yang banyak masuk ke Indonesia. Tahun 1961-1962 menjelang pesta olahraga Ganefo, bisa jadi Mantan presiden kita bapak Soekarno berharap dengan mengimpor Daihatsu Midget maka kendaraan tradisional seperti becak akan hilang, sehingga citra Jakarta sebagai Ibukota tampak lebih mentereng.



Satu keunikan bemo yang tidak dapat dilupakan selain tongkrongan lucunya adalah posisi tempat duduk penumpangnya. Karena di negeri asal Jepang, bemo hanya dimanfaatkan sebagai alat angkutan barang, maka ketika di negara kita dipasangkan tempat duduk, ruangan yang tersedia menjadi sempit. Karena itu seringkali penumpang harus beradu lutut dan duduk berdesak desakan.

Sayang, saat ini bemo sudah banyak dihapuskan dari skema angkutan kota karena dianggap sudah terlalu tua, tidak aman lagi dan asapnya menyebabkan polusi. Malang sekali nasibmu bemo dulu menggemaskan sekarang mengenaskan.


No comments:

Post a Comment