Pages

Monday, January 7, 2013

Fenomena Kpop

Mengapa Kpop bisa booming di Indonesia? Hayoo siapa yang bisa jawab hehe....Sebenarnya asal mula demam Kpop ini dimulai dari tahun 2002, drama korea diperkenalkan di televisi televisi swasta. Salah satu judul yang sangat digandrungi saat itu adalah "Endless Love" setelah itu tak kurang dari 50 judul drama Korea memenuhi tayangan televisi kita. Jika mengingat waktu dulu, aku gak bisa/gak mau melewatkan 1 episode dari Endless Love, karena emang ceritanya bagus banget ya kawan. Pasti dari kalian kalian banyak yang nonton drama ini hehe.

Populernya drama Korea telah membuat segala sesuatu yang berbau Korea diminati di Indonesia. Salah satunya dalam bidang musik. Jujur nih aku ini pecinta drama korea, walaupun gak semuanya aku tonton karena emang gak semuanya bagus kawan. Dari kita menonton drama itu pasti ada sountrack lagunya, nah berawal dari situ akhirnya lagu lagu korea juga membooming di Indonesia. Awalnya hanya dari sountrack drama, lama kelamaan boyband dan girlband. 

Berangkat dari sinilah musik pop Korea merambah di Indonesia, apalagi ditambah dengan artis artis Korea yang cakep cakep, tentu saja muda mudi Indonesia banyak yang menggandrungi. Sebenarnya aku juga gak terlalu mengetahui secara detail apa saja grup grup boys and girl Korea, tapi karena aku penggemar drama Korea, secara tidak langsung aku juga sedikit demi sedikit mengetahui lagu lagu Korea hehe. Memang gak semuanya terdengar enak di kuping, karena selera orang khan berbeda beda.


Big Bang - my favorite

SNSD

Tahun 2012 adalah tahun dimana Kpop merajai konser konser di Indonesia, sebut saja Suju, BigBang, 2pm, SNSD dll. Balik lagi dengan pertanyaan diatas "Mengapa Kpop bisa booming di Indonesia?" mungkin aku coba menjawabnya kawan :
  • Musik Korea menawarkan aliran musik yang baru dan mereka sangat kreatif.
  • Menampilkan tarian yang inovatif yang bisa diikuti sehingga tidak sedikit dari boy/girl band yang mempunyai ciri khas dalam tarian, contohnya Suju dalam lagu "sorry sorry"
  • Tidak hanya mengandalkan tampang yang ganteng dan cantik, artis Kpop harus melewati masa training yang panjang, yang memang telah disiapkan sejak muda untuk menerima kesuksesannya saat ini.
  • Karena memang dipilih untuk dipersiapkan jadi bintang, tidak heran mereka menjadi artis yang mempunyai banyak bakat karena memang mereka dibekali dengan berbagai macam keterampilan untuk menunjang karir mereka.
  • Style fashion mereka selalu keren dan bisa menjadi panutan, tidak seperti gaya Jpop yang terkenal dengan harajuku style nya yang tidak bisa diterapkan di Indonesia.
  • Kalau tampil live, mereka selalu mengusahakan agar *tidak lyp-sync* kecuali ada hal hal tertentu yang memaksa mereka untuk lyp-sync
Kpop tidak hanya membooming di Indonesia, kiprah beberapa penyanyi/grup papan atas negeri ginseng seperti Suju, SNSD, Bigbang, Wonder girls dan 2NE1 telah sampai ke daratan eropa. Dan yang lagi nge hit tahun 2012 kemarin adalah "Gangnam Style" yang merajai pasar dunia sampai ke hollywood.

Kesuksesan Kpop ini ternyata tidak lepas dari bantuan pemerintahnya sendiri kawan. Semua itu bermula pada 20 tahun yang lalu ketika pemerintah Korsel merancang sebuah Korea masa depan, dengan budayanya yang banyak digandrungi orang di dunia.Pemerintah Korsel saat itu memberikan beasiswa besar besaran bagi para artis dan seniman untuk belajar di Amerika Serikat dan Eropa. Dari program inilah dihasilkan artis artis berpengalaman yang mengerti selera musik, gaya hidup bahkan selera pasar. Hasilnya kini Korsel memetik buah dari keseriusan menggarap industri pop mereka.

Menurut The Korea Creative Content Agencys pada tahun 2011 Korsel menangguk keuntungan mencapai 35 trilliun dari bisnis Kpop. Angka ini meningkat 14 persen dari tahun 2010. Kpop juga mendongkrak citra Korsel. Jutaan orang telah berkunjung ke Korsel, termasuk menengok Pulau Nami yang menjadi lokasi shooting Winter Sonata, drama korea yang meledak tahun 2002. Choi Jeung Eun, staf pengelola Pulau Nami mengatakan dulu pulau kecil dan sepi ini hanya dikunjungi sekitar 200.000 turis per tahun. Kini pengunjungnya rata rata 1,6 juta turis setahun.

Pada akhirnya yang berbicara adalah Kualitas dan Kreatifitas. Tidak ada yang bertahan di dunia musik, kecuali mereka yang benar benar mampu terus berkarya dan kreatif. Begitu pula dengan trend boyband dan girlband di Tanah Air Indonesia, sudah selayaknya mereka belajar dari sejumlah grup kpop yang jelas jelas mempunyai kualitas suara sekaligus koreografi. Jika perlu, ciptakan ciri khas boyband-girlband Indonesia sendiri dan lebih bagus lagi agar bisa menembus pasar internasional.

Jadi kawan kawan yang benci dengan gelombang Kpop ini jangan hanya bisa mengejek dan mencemooh mereka. Lebih baik kita melihat dari sisi baiknya. Kita belajar dari mereka, kita majukan Negeri ini, Negeri Indonesia tercinta.


source : dari mana mana hehe

1 comment: