Pages

Friday, January 11, 2013

KOPI ... Surga atau Neraka ???

Kopi.....siapa yang tak kenal kopi ^ ^ hehehe. Hampir semua orang di dunia mengenalnya. Minuman ini sudah dikenal dimana mana sejak beberapa ratusan tahun yang lalu. Begitu terkenalnya sampai ada istilah "Coffee Break" disetiap acara resmi seperti seminal, lokakarya, rapat dll. Saat itu para tamu beristirahat sejenak untuk menikmati kue kue sambil minum secangkir kopi atau teh. 

Kopi itu seperti "Teman" yang siap menemani dikesendirian kita, aroma yang mengalir bisa membuat hati damai dan pikiran tenang. Bayangkan betapa hambarnya jika sebuah obrolan tanpa ditemani secangkir kopi, hmm kopi memang teman yang setia. 

Bagi kalian yang belum tau apa dampak positif dan negatif dari kopi, coba simak penjelasan berikut :

Kita bahas dulu apa manfaat baiknya :

1. Perlindungan terhadap diabetes
Minum kopi secara teratur dikaitkan dengan efek perlindungan terhadap resiko diabetes. Bahkan menurut penelitian, kopi memberikan perlindungan hingga 60 persen.

2. Hidrasi
Banyak orang beranggapan kalau kafein memiliki efek duretik yang dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan, tenang kawan karena ibi hanyalah mitos. Konsumsi kafein secara teratur justru dapat menjaga hidrat tubuh dengan baik.

3. Melindungi Otak
Kopi dapat memberikan perlindungan seseorang terhadap penyakit neuro degeneratif seperti parkinson dan Alzheimer.

4.Antioksidan dan Fitonutrien.
Selain kafein kopi juga mengandung antioksidan dan fitonutrien, yang kaya akan asal klorogenat dan polifenol, jadi bukan hanya teh hijau saja yang kaya akan antioksidan.

5.Melindungi hati
Banyak orang berfikir untuk menghindari kopi karena dianggap sebagai racun tubuh. Sebenarnya kopi mengandung phytonutrisi yang berfungsi untuk melindungi kesehatan hati. Konsumsi kopi melindungi seseorang terserang penyakit sirosis dan kanker hati


Berikut dampak negatif kopi :
1. Memunculkan "Efek Kecanduan"
Ciri umum ketergantungan kopi adalah rasa letih atau lelah, tak bersemangat dan mengantuk kalau sehari saja tidak minum kopi.
2. Mengganggu kesuburan wanita
3. Resiko "osteoporosis" pengeroposan tulan
4. Hipertensi
5. Resiko Penyakit Jantung


Hal hal yang dapat menimbulkan efek negatif adalah jika kita mengkonsumsi kopi secara berlebihan. Yang wajar adalah mengkonsumsi kopi 85-200 mg atau 1-3 cangkir kopi sehari. Namun, minum kopi diatas 250 mg sekaligus bisa menggangu kesehatan, seperti jantung berdebar, gelisah, imsonia (susah tidur), gugup, tangan bergetar bahkan mual sampai muntah muntah.

Jadi bagi kalian kalian pecinta kopi, sebaiknya jangan mengkonsumsi terlalu banyak/berlebihan ya. Karena segala sesuatu yang berlebihan pastilah tidak baik. Sayang kan kalau kopi yang kaya akan manfaatnya berubah menjadi sesuatu yang tidak baik bagi kesehatan kita.


Source : dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment