Pages

Monday, September 8, 2014

One day trip to Gili Labak ... The Exotic Island

Antusias banget waktu ada temen yang ngajakin traveling ke Pulau Gili Labak dan tanpa pikir panjang kita jawab ajakan mereka dengan kata "YES" karena terakhir aku traveling itu ke Pulau Sempu dan kejadiannya udah lama banget. Hmm Pulau Gili Labak itu dimana ya? eh ternyata di Madura, aku browsing sana sini, baca blog-blog traveller yang udah pernah kesana, melihat foto-foto yang diposting para traveller, bagus banget pantainya (*sampe ngiler-ngiler ngeliatnya).

Dari hasil googlingku, Pulau Gili labak ini terletak di sebelah tenggara Pulau Poteran dan masih termasuk dalam teritorial kabupaten Sumenep. Kabupaten Sumenep ini terdiri dari daratan dengan pulau yang tersebar berjumlah 126 pulau, nah salah satunya adalah Pulau Gili Labak. Coba search di google map dengan koordinat (-7.202875,114.046499), lihat jarak antara pelabuhan Kalianget ke Pulau  Gili Labak (*jauh hehe).


Perjalanan kita tempuh kurang lebih 4 jam dari Surabaya tercinta ke Sumenep. Dari Sumenep aku dan suami menginap di Hotel Mitra Land Jl.Trunojoyo 191, cukup murah loh tarif per kamarnya dari yang paling murah Rp 30.000,- (kamar mandi luar, fan) dan yang paling mahal Rp 85.000,- (double bad, AC, TV, kamar mandi dalam). Aku dan suami pilih yang Rp 70.000,- (AC, kamar mandi dalam, TV) tempat tidur dan kamar mandi cukup bersih, pokoknya cocok banget untuk para backpaker.

Besok paginya kita berangkat dari Pelabuhan Kalianget menuju kecamatan Talango, hanya 5-10 menit perjalanan menggunakan kapal tongkang, ongkos kapalnya cukup murah hanya Rp 2.000,-/ orang, jika menggunakan mobil Rp 12.000,-/mobil. Sesampainya di Talango, kami menuju rumah pemilik perahu yang akan membantu kita menuju Pulau Gili Labak, ramah banget orangnya. Beruntung salah satu teman kami itu asli orang Sumenep dan dialah yang membantu kami untuk mencarikan perahu. Mobil kita parkir di deket rumah pemilik perahu.


Tiket masuk pelabuhan kalianget
Menunggu di Pelabuhan Kalianget
Perjalanan dari Talango ke Gili Labak ini yang cukup melelahkan, kurang lebih 2 jam kita terombang ambing di atas perahu. Kalau gak kuat laut, pasti mabuk deh seperti aku. setengah jam perjalanan masih ok ok saja, masih bisa bercanda. Nah satu setengah jam kemudian mulailah kepala pusing, perut bergejolak karena perahu bolak balik terkena hamparan ombak. Pagi belum sarapan dan pakai baju tipis karena membayangkan kalau pantai itu panas (*gak kepikiran klo anginnya kenceng pas naik perahu) jadi masuk angin deh #kresekmanakresek *muntah muntah gak karuan.


Akhirnya terlihat juga batang hidung gili labak, antara seneng dan pusing karena badan masih lemes abiz muntah2. Turun dari perahu langsung snorkling? atau diving?.. ya enggak lah, makan dulu yang kenyang.. abiz makan snorkling? ya enggak banget haha.. tidur-tiduran dulu, badannya di charger biar fit, trus klo udah fit langsung snorkling? Enggak juga.. coz aq gak bisa berenang :)) kita jalan-jalan aja, selfie dulu sebelum badan basah, emangnya basah itu mau berenang? enggak juga hahaha.

Kalau kalian pingin snorkling atau diving, cocok banget klo berkunjung ke Gili Labak coz air lautnya jernih banget dan pasirnya putih bersih. Aku sih cukup mainan air aja plus jeprat jepret deh. Sebenarnya kalau mau muterin tempat ini cuman butuh waktu 30-45 menit saja tapi berhubung kita datengnya kesiangan, cukup jalan-jalan dikit gak usah muterin hehe.






Pulau ini bukan seperti pulau-pulau di bali yang sudah tersedia infrastruktur yang memadai. Disini gak ada hotel, rumah makan, air bersih, jadi klo ingin menginap disini kalian harus bawa tenda sendiri, bawa bekal sendiri dan jangan buang sampah sembarangan ya!!. Penduduk disini ramah ramah kok, kalau mau numpang mandi bisa di rumah penduduk, tapi kalian jangan cari air tawar karena disini adanya air payau. Kemarin aku sempet mengobrol dengan salah satu penduduk yang kamar mandinya aku pinjam. Aku tanya, berapa jumlah rumah yang ada di gili labak, katanya sih sekitar 27 rumah. Hmm sedikit banget yang tinggal disana, rata-rata profesi penduduk disana adalah nelayan.

 Note :
  • Kalau berkunjung ke Gili labak, jangan bulan Agustus karena ombak sangat besar
  • Barang yang harus dibawa : Sunblock (biar g gosong kulitnya), obat anti mabuk plus jaket (karna angin kenceng pas nyebrang ke gili labak)
  • Mandinya di talango aja, coz pengalamanku kemarin udah mandi plus ganti baju di gili labak akhirnya basah lagi pas balik ke talango karena perahu gak bisa berhenti deket2 daratan (air udah surut, ntar perahunya bisa rusak klo kena karang)
  • Lebih baik ajak teman dari madura biar bisa translate bahasa dan ajak teman yang kenal daerah sana.
  • Klo ingin backpacker-an, naik bis malam aja dari Terminal Bungurasih ,ada jurusan langsung ke pelabuhan Kalianget. 
  • Lebih baik isi Bbm pagi atau siang hari di Sumenep, karena klo malam pom bensin kebanyakan tutup dan abiz -_- kemarin aku muter-muter gak kebagian solar, alhamdullillah nemu solar eceran.

Catatan Pengeluaran :
  • BBM Solar Rp 220.000 PP
  • Tiket masuk jembatan Suramadu Rp 60.000 PP
  • Hotel Mitra Land Rp 70.000,-/malam
  • Tiket masuk pelabuhan Rp 1000,-/orang dan Rp 2000,-/kendaraan
  • Tiket masuk kapal tongkang Rp 2000,-/orang dan Rp 12.000,-/mobil
  • Sewa Perahu Nelayan Rp 800.000,- PP (klo kesana mending rombongan biar lebih irit hehe)

 Selamat menikmati indahnya Indonesia ^_^


36 comments:

  1. Keren mbak perjalanannya, infonya membantu sekali :)

    ReplyDelete
  2. nice info.. mba boleh bantu share kontak sewa perahu dari kaliangiet ke gililabak yah. please email ke tio_bim@yahoo.com

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, yg ngurusin segala sesuatunya itu temanku. jadi aku gak tau contack person yg nyewain perahu. tapi sudah kuemailkan contack temanku, klo mau tanya-tanya.. bisa lewat temanku. tks :)

      Delete
    2. Saya jg mnta dong mbak

      Wahyuphe.whl@gmail.com

      Delete
    3. wahh mbak, share kontak sewa perahunya dong mbak..heheehe rencana bulan depan kesana. ini email saya mbak : rifkayulanda@yahoo.com

      Delete
  3. Btw perahu.nya muat berapa orang yak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung besar kecilnya perahu, yg aku gunakan kemarin itu perahu yg agak besar dan bisa muat sekitar 15 orang

      Delete
    2. Buat weekdays banyak nggak ya org sekitar atau backpacker yg sendirian buat temen naek perahu??
      Hehe. Kan mahal bgt kalo 800k ditanggung cuma berdua tiga org. Hehe

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. wow, aku february rencana mau kesana nih, eh btw gak punya nomer hpnya bapak2 yang nyewain perahu kah ?

    salam dari blog kecil rutesurga.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa minta emailnya? saya tidak punya nomor hp bapak yg nyewain perahu, tapi nanti akan kukasih contack person temanku.

      Delete
    2. mbak aku mau kontaknya dong. mbak tolong kirimin ke auliariez1@gmail.com ya. makasii mbaak

      Delete
  7. mbak ini email ku venyiswari@gmail.com minta tolong dikirimin yaa makasih :)

    ReplyDelete
  8. Mbak di email juga ya mbak saya, minta contact orang yg nyewain perahu. Email ke faishal.humaidi@yahoo.com mbak makasih

    ReplyDelete
  9. Oh iya untuk semuanya yang ingin tanya2 mengenai Gili Labak, bisa langsung email ke temanku romahamzani@gmail.com namanya Roni, tks :)

    ReplyDelete
  10. mbak saya bisa minta nomer telpon temannya yg tau info sewa kapal ke gililabak. ini email saya gamebendotz@gmail.com

    saya sudah jg mengirim pesan ke romahamzani@gmail.com,tp buat jaga2 mungkin pesannya g dibaca..heheeheheh

    ReplyDelete
  11. Mba isti saya boleh mnt kontak untuk sewa perahunya? Pertengahan mei ini saya dan teman2 berencana kesana.

    Ini email saya cici.handayani88@gmail.com

    ReplyDelete
  12. Saya mau jg donk mbk
    yogadwi106@gmail.com

    ReplyDelete
  13. Utk informasi tentang gili labak biaya dan penginapan bisa hubungi saya, kebetulan rumah saya dipesisir desa kombang pulau poteran, langsung berhadapan dg pulau gili labak, jarak tempuh lebih cepat sekitar 1 jam perjalanan dan biaya lebih murah. Tiap minggu banyak wisatawan yg berangkat dari rumah karena jarak tempuh lebih cepat. Untuk yang lebih simple berangkat dari pelabuhan kalianget dengan biaya yang lebih mahal dan jarak tempuh sekitar 2-3jam
    Pin BB: 24ED643A 51C5955A
    No HP : 087750066266 / 083807163506 (nelayan)

    #untuk BBM sinyal terkadang tidak mendukung bisa langsung hubungi nomer ponsel

    ReplyDelete
  14. Masalah biaya jauh lebih murah dari penyebrangan lainnya, dijamin anda puas

    ReplyDelete
  15. join us now trip GILILABAK with AON (Adventure or never)
    17-18 oktober sisa 9 seat.
    24-25 oktober sisa 8 seat
    -----------------------------------------------
    Harga : 235K
    Meeting point : surabaya
    Fasilitas :
    🚗 transport PP (Surabaya - kalianget)
    ⛵perahu pp (kalianget - gililabak)
    🏊snorkling set dan jaket pelampung
    🍱makan 1x
    🍪roti dan air mineral
    💱retribusi tiket, tol, bensin dll
    🏥obat-obat an
    📷dokumentasi panorama dan underwater
    🏰rest area kalianget + wifi

    Reservasi :
    Tlp / WA : 089675678946
    BBM : 5471C975 / 516D1DD2
    IG : adventureornever.

    Kalian yang memiliki jadwal sendiri?
    Atau punya jadwal trip group sendiri ?
    Silahkan konsultasi dengan kami, kami siap membantu dengan senang hatiIsi seat yang masih kosong, liburan kalian di jamin gak boring bro, murah sudah include all service lagi yukk

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. waaahh kayak kenal ma salah seorang disana.. ada mas zamroni ternyata.. he he.. oia, ku udah pernah kesana lho,, uda tak tulis disini..

    Pantai Pulau Gili Labak

    salam, PulauMadura.com

    ReplyDelete
  18. mbak mau tanya2 nih , kalo kita udh sewa perahu buat ke gili labak , itu orang yang punya perahu nunggunin kita sampe pulang atau gimana ? kan katanya PP , makasih :)

    ReplyDelete
  19. Permisi mbak Istiqomah saya mau mnt kontak personnya pemilik perahunya boleh?
    Rencana saya mau mancing di sana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba email ke temenku, namanya zamroni romahamzani@gmail.com

      Delete
  20. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  21. Buagus banget ya Gili Labak... jadi pengen ke sono

    ReplyDelete
  22. Yuk gabung bersama kami, liburan seru buget Backpaker ke Gili Labak - Madura. Start dari Surabaya / Sidoarjo.

    More info:
    Halo Indonesia Tour - Travel
    Call/Line/WA/SMS : 085730077308
    BBM : 7ECC7D00
    Cek keseruan kami di Instagram : halo_indonesia

    ReplyDelete