Pages

Thursday, April 9, 2015

Belajar Fotografi Macro dengan Camera Ponsel

Ini ceritanya masih belum menemukan passion ku itu dimana, sebenarnya hobiku itu apa sih? Sudah berbagai macam kegiatan aku coba, seperti paper craft, scrapbook, menanam, memasak, menulis, belajar menggambar pun aku lakukan tapi Passion nya itu loh yg belum ketemu #galau, trus kepikiran untuk belajar memotret. Sampai suami bilang "kamu ini sebenarnya creatif, tapi kamu itu cepet bosan, belajar ini belajar itu eh pas udah dilakukan kok gak diterusin, malah kepingin yang lain!!!""" Yah sebenarnya yg dikatakan suami itu benar adanya hahaha. Aku itu gampang bosen dan banyak keinginan. Tapi kali ini aku gak ngebahas soal sifatku yg mood2an, karena pasti ceritanya bisa sampai berjilid jilid.

Berawal dari instagram, ngeliatin foto-foto orang yg bagus-bagus trus terbersitlah keinginan untuk belajar fotografi. Kata suamiku "Coba belajar motret lewat HP dulu, ntar kuajarin motret pakai kameraku (camera prosumer)". Browsing sana sini nyari tips-tips memotret pakai kamera ponsel, lalu aku tertarik dengan Fotografi Macro.

Apa sih Fotografi Makro itu? menurut Pak Guru Wiki, fotografi makro adalah fotografi dengan jarak sangat dekat untuk mendapatkan detail yang tinggi namun tidak memerlukan bantuan alat pembesar optik seperti mikroskop. Kenapa aku tertarik dengan fotografi macro, karena kita bisa melihat sisi lain dari ciptaan Allah yang kadang tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang.

Aku beli lensa tambahan merk Osino yg 2in1 (Wide+Macro), menurutku lensa wide nya kurang cetar #hehe.

Ini lensa macro + wide merk osino





Dan tralalala...... berikut hasil jepretanku, harap maklum klo hasilnya tidak memuaskan para pembaca ya :-)

gantungan kunci


Laba-laba nya nih ukurannya kecil banget loh

Motret ini nih yg susah bingitz, selain hewannya gerak, tumbuhannya juga ikutan gerak karena kena angin


Gak tau ini namanya putik atau benangsari, pokoknya ukurannya kecil banget dan ada di dalam bunga


Ada suka dan duka nya loh motret macro, klo yg dipotret itu benda yg diem aja seperti tumbuhan atau benda mati sih enak banget.. tinggal siapin lensa trus jeprat jepret deh. Nah klo motret hewan bergerak tuh yg susah susah gampang #haha, bikin tangan gemeteran dan pegel. Harus konsentrasi penuh, karena nunggu moment yg tepat pas hewannya itu gak banyak gerak. Cocok untuk melatih kesabaran.

Type Ponsel : Xiaomi Redmi Note
Lensa tambahan : Osino Clip Wide+Macro
Aplikasi edit : Snapseed (agar warnanya lebih hidup)

Yuk coba motret macro ^_^

4 comments:

  1. mbak...keren2 tuh hasil fotonya...aku belum bisa makro mbak...perlu belajar lagi...

    ReplyDelete
  2. Terimakasih mb udah bilang keren hehehe, jadi besar kepala nih. Aku juga masih amatiran mb, masih banyak yg harus diasah :-D

    ReplyDelete
  3. bagus mbak...jadi kalau mau moto dari jarak deket harus pake lensa tambahan ya..??
    kalo hp biasa gak bisakah mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb harus pake lensa tambahan, HP merk apapun bisa kok. Coba deh, pasti ketagihan hehe

      Delete