Pages

Thursday, January 9, 2014

Menuju Sunnah Rosul ..... Ribetnya ngurus Surat Nikah

Kebanyakan calon pengantin sibuk mengurusi hal-hal seperti gedung, catering dan teman-temannya. Padahal ada satu hal yang paling penting yang biasanya terlupakan yaitu "Surat Nikah" Sebenarnya bukan hal yang susah untuk urusan yang satu ini, tetapi Negara kita itu memang negara yang unik. Apalagi di daerahku, urusan yang gampang dibikin susah, sebel banget kalau mengingatnya lagi.


Tahap pertama : RT
Kita ke RT Minta Surat pengantar Nikah (berlaku untuk calon mempelai wanita, kalau pria gak pakai surat ini). Urusan yang satu ini bapakku yang minta ke RT nya haha. Biaya Rp. 10.000,- untuk ngisi kas RT.

Tahap kedua : RW
Setelah Surat Pengantar Nikah ditanda tangani oleh RT, kita minta Tanda tangan ke RW. Biaya Rp. 10.000,- untuk ngisi kas RW.

Tahap ketiga : Kelurahan
yang satu ini bener-bener bikin stressss tingkat dewa. Saat aku datang ke kelurahan ditemani ibuku tercinta, petugas yang menangani belum datang ... Wow jam berapa itu kok petugasnya belum datang, jam tanganku menunjukkan jam 09.00 ... enak juga ya jadi PNS.
Hampir setengah jam aku dan ibuku menunggu. Nah pas petugasnya dateng, dia tanya ada urusan apa. ya kujawab "Mengurus Surat Nikah" petugasnya bilang "Ke Mudin saja mbak"
"Loh ngapain ke mudin bu? ngurus surat apa ya ke mudin?"
"Ya pokoknya ke mudin saja, ni saya kasih nama dan alamat pak mudinnya"
"Iya bu, saya ke mudin itu ngapain ya, saya kan mau urus surat nikah sendiri"
"oo mau ngurus sendiri, kalau begitu minta tanda tangan saja pak mudinnya"
"Tanda tangan apa bu?"
"itu surat pengantarnya di tanda tangani ke pak mudin"

Meluncurlah aku ke rumah pak mudin, eh pak mudinnya gak mau tanda tangan "saya tanda tangan dimananya mb? lha wong suratnya gak ada tempat buat saya tanda tangan, sampean balik saja ke kelurahan, bilang begitu ke petugasnya"

Balik lagi aku ke kelurahan, pas kebetulan ada Mudin dari daerah lain. Kuceritakan apa yg pak mudin bilang tadi ke ibu petugas. Eh tiba-tiba mudin dari daerah lain itu nyelonong ikut bicara "Mbak mbak, sampean ini kok g ngerti maksudnya pak mudin, maksudnya pak mudin itu berkas-berkasnya mbak ini kasihkan ke pak mudin saja, biar pak mudin yang urus semuanya, masa Mudin cuman dikasih orang meninggal saja. Dapet duit darimana mbak"

Astaghfirullah, aku hanya ngelus dada denger perkataan pak mudin itu. akhirnya ibuku ikut buka suara "Gini loh bu, anak saya ini ingin mengurus surat nikahnya sendiri, dia ingin tahu prosesnya bagaimana, mbok ya jangan dipersulit"
Eh pak mudin yang tadi nyelonong bicara lagi "Mbak mbak kalau nikah mau ngurus sendiri, mati budhal dewe ya (meninggal berangkat sendiri)"

OMG .. Orang itu ngomongnya kasar banget ya, padahal kita ngomong dengan sopan. trus si ibu petugas bilang ke kita "ya sudah klo begitu bu, kalau ingin ngurus surat sendiri, ibu minta ke pak mudin Surat pengantar saja yang isinya kalau ibu ingin mengurus surat nikah sendiri"
Mudin lagi mudin lagi "_____ cape'

Dengan langkah yang berat, kita meluncur lagi ke rumah mudin. Pak mudinnya malah marah- marah "Kalau mau urus sendiri ya ngapain minta surat pengantar dari saya, saya gak berhak kasih surat mbak"
Waduh stressssssss, balik lagi aku ke Kelurahan, eh petugasnya lagi demo masak, capek dueh.. nunggu lagi hampir satu jam.

Trus kita debat lagi sama petugasnya sampai Pak Lurahnya datang ikutan nimbrung. lalu aku ceritakan ke Pak Lurahnya. trus si petugasnya dapat telpon dari pak mudin dan mereka ngobrol lewat telpon dengan pak lurah juga. Feelingku ya, mereka ini sudah berkomplot.

Pak Lurah buka suara "begini ya mbak, saya jelaskan kalau tentang urusan Surat nikah itu memang Mudin yang urus semuanya, jadi mbak serahkan saja berkasnya ke pak Mudin"
"Oh gitu ya pak, jadi kita gak boleh ngurus surat nikah sendiri, harus melalui perantara?"
"Bukan perantara mbak, tapi Pak Mudin, ini sudah jadi kesepakatan warga"

Memangnya Mudin itu siapa sih? dongkol banget aku. Klo bukan perantara, apa coba namanya "___ kesepakatan warga darimana, memangnya aku ini bukan warga ya. Yah apa boleh buat, akhirnya aku memakai jasa Mudin. Biaya Rp.650.000,- bayangkan kawan, biaya nikah yang resmi adalah Rp. 30.000,- (Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 51 Tahun 2000) nah sisanya buat apa ya .. hmmm ini nih yang bikin negara kita gak bisa maju. Banyak pungli dimana mana.

Padahal aku pinginnya nikah di KUA, kan biar g ngehabisin biaya banyak. Tapi malah dipersulit gini. Pak mudin melarang akad ku di KUA, karna katanya banyak orang kerja, takut mengganggu orang kerja. Capek deh...tapi akhirnya aku melaksanakan akad di KUA pada hari Sabtu (nambah ongkos lagi) serba repot.

Beginilah pengalamanku mengurus surat nikah, capek memang (3 kali bolak balik Kelurahan & Mudin). Mudah mudahan kedepannya Pemerintah bisa memperbaiki Departemen Agama agar tidak ada pungli sama sekali, kasian kan orang-orang yang gak mampu yang ingin menikah. Ada temanku yang bilang gini "Gak heran banyak orang kumpul kebo, lha biaya nikah saja mahal"

Sampai jumpa lagi di postingan berikutnya ^ ^


Source : http://news.detik.com/read/2012/12/27/143944/2127962/10/catat-biaya-administrasi-nikah-di-kua-sebenarnya-hanya-rp-30-ribu

10 comments:

  1. Ckckck... parahhh kelurahan ya...
    minggu kemarin aku juga debat mengenai perpanjangan surat domisili perusahaan, dimintai biaya kegiatan kelurahan 200rb.
    whattt???!! Pas kutanya perda nomor brp yg atur biaya itu? Lurahnya bilang ya tdk ada di aturan mmg, lah trus??? Tetep aja ngotot minta duit itu, gak mau tanda tangan kalau gak dikasih duit..haduuhhh menjengkelkan...
    mental bobrok pegawai pemerintahan!

    ReplyDelete
  2. Ya begitulah di negara kita.. harusnya klo memang Mudin bayarannya sedikit, ya Nyambi kerja lain lah, kan kerjanya dikit wajar kan klo bayarannya dikit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bingung juga dengan sistem di negara kita ini. Kita sebagai warga negara yang ingin mandiri kok malah tidak boleh. Memprihatinkan

      Delete
  3. Samaaa..aku ngerasain juga sekarang. Bener2 dipersulit pas di kelurahan. Bikin emosiiii bangett!

    ReplyDelete
  4. inilah Indonesia #dengan nada menyanyikan lagu dari sabang sampai merauke# Negaranya benar.. Perawat Indonesia yang kurang.. Mau bilang Rakyat merekapun juga Rakyat.. hadehhhhhh

    ReplyDelete
  5. Saya juga masih begitu mb.. saya tadi mau urus ke kelurahan.. eh suruh ke mudinnya.. saya juga gak tahu memang mudin buat apa.. padahal peraturan kemenag itu langsung rt rw lalu kelurahan.. saya sampe emosi tadi.. bapak saya meninggal dulu aja dimintai uang buat urus2.. bayangkan kekesalan saya sejak lama.. eh sekarang mau urus surat nikah aja di suruh ke mudin.. akhirnya saya tanya teman2 saya.. katanya itu mudin nanti dikasih uang.. ealah sama aja ini pungli

    ReplyDelete
  6. Kmarin calon istri saya urus surat nikah di pak mudin habis 200 ribuan..ya ga mahal dan ga murah juga..tp yg penting surat 2 hari sudah ada di tangan

    ReplyDelete
  7. Kmarin calon istri saya urus surat nikah di pak mudin habis 200 ribuan..ya ga mahal dan ga murah juga..tp yg penting surat 2 hari sudah ada di tangan

    ReplyDelete
  8. Gua mau nikah d kampung ja ribet banget..akhirnya sekarang mau daftar d semarang pake modin..semoga bisa dan lancar urusan calonku

    ReplyDelete